Selasa, 06 November 2012

SMAN 1 Landbouw Bukittinggi

Diposting oleh DhillaTM di 02.05
Oke sekarang aku bakalan kasi tau profil sekolah nih
sooo
SMANSA Landbouw ni adalah sekolah menengah atas tertua di kota Bukittinggi yang berdiri pada tanggal 23 Juli 1959. Sekolah ini terletak di jalan Syekh M. Jamil Jambek No. 36 (Lanbouw), kelurahan Pakan Kurai, Bukitinggi dan merupakan rintisan sekolah bertaraf internasionalyang dimulai sejak tahun 2006 dan termasuk 5 SMA R-SMABI pertama Di Indonesia. Waw banget kaannn :D


SMA NEGERI 1 BUKITTINGGI

PROPINSI SUMATERA BARAT
JL. SYEKH M DJAMIL DJAMBEK NO. 36 BUKITTINGGI 
TELP./ FAX  :  0752 22549 / 0752 626202
WEBSITE     :  www.sman1bukittinggi.sch.id
EMAIL         :  smansa_landbouw@yahoo.co.id


Sejarah singkat nyaaa
SMA Negeri 1 Bukittinggi lahir dari pecahan SMA Negeri ABC Bukittinggi yang berlokasi di Birugo (SMA Negeri 2 Bukittinggi sekarang) pada tahun 1957. Pada awalnya SMA ini dikenal dengan SMA Negeri 1B dan pada tahun 1959 lokasinya dipindahkan ke lokasi yang ada sekarang yaitu jalan Syekh M Jamil Jambek No. 36 (Landbouw) Bukittinggi. Gedung induk SMA Negeri 1 Bukittinggi yang mulai dibangun tahun 1957 dan selesai tahun 1959 merupakan bantuan Pemerintah, mengingat Bukittinggi adalah pusat atau ibukota propinsi Sumatera Tengah.Sejak tahun 1958 lokasi sekolah tersebut dipindahkan ke jalan Syekh M. Jamil Jambek No. 36 (Lanbouw) Bukittinggi, dan bangunannya benar-benar siap untuk digunakan pada tahun 1959.
jadi hari lahirnya smansa tuuhh tahun 1959 


Sejarah SMUN I Kota Bukittinggi, seperti tertuang dalam sejarah perkembangan SMAN I Bukittinggi, yang sebelumnya bernama SMA Negeri I Bukittinggi, yang ditulis pada masa kepemimpinan Kepala sekolah SMAN I Bukittinggi Azwar, diuraikan, bahwa pada awalnya, SMUN I Bukittinggi pada mulanya berasal dari SMA Negeri ABC, yang berpusat di Birugo, ( ketika itu masih bergabung dengan SMAN 2 dan SMAN 3 Bukittinggi) . SMA negeri ABC itu sendiri, sebetulnya telah berdiri sejak permulaan zaman kemerdekaan yang dirintis oleh Dr A Rusma.

Pada saat agresi Belanda ke II, sekitar tahun 1949, SMA Negeri ABC Bukittinggi terpaksa dibubarkan, sebab pada saat itu sebagian guru dan siswanya terpaksa mengungsi ke daerah pedalaman. Namun demikian oleh pemerintahan pendudukan Belanda, di sekolah yang dibubarkan tersebut, dibenarkan pula mendirikan sekolah menengah, yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Jaka Dt Sati, dibantu beberapa orang guru yang saat itu kebetulan tidak ikut mengungsi.

Setelah penyerahan kedaulatan terhadap negara Republik Indonesia, sejarah SMA Negeri ABC Bukittinggi, kembali berlanjut di bawah kepemimpinan Bapak A Manan St Penghulu. Dan guru-gurunya merupakan gabungan antara guru-guru yang berasal dari luar (pedalaman), dengan guru-guru yang menetap di Bukittinggi, atau guru-guru federal. Pada waktu itu dikenal adanya guru-guru republik dan guru-guru federal. Sedangkan murid-murid SMA Negeri ABC Bukittinggi umumnya berasal dari seluruh daerah yang ada di Sumatera Tengah. Sesudah kepemimpinan A Manan St Penghulu, terjadi beberapakali pertukaran pimpinan sekolah, diantaranya, M. Nazir St. Mudo, yang sebelumnya adalah mantan Direktur SMA Negeri B Jogjakarta, Pada masa kepemimpinannya perkembangan murid-murid SMA Negeri mulai mengalami peningkatan, dengan jumlah lokal seluruhnya 16 buah. Pada saat itu, bahkan banyak siswa tamatan SMP dari iseluruh Sumatera Tengah tidak dapat ditampung di SMA Negeri ABC Bukittinggi.

Sesudah kepemimpinan M. Nazir St. Mudo, berturut-turut kepala sekolah dijabat oleh Sabirin St Rajo Ameh, Sesudah kepemimpinan Sabirin St Rajo Ameh, SMA Negeri ABC Bukittinggi, dibagi menjadi dua, yaitu SMA Negeri I B serta SMA Negeri II/AC, Bukittinggi. Dimana ketika itu SMA Negeri I B dipimpin oleh Bais St. Sinaro, sedangkan SMA Negeri II/AC, dipimpin oleh Adam Saleh.

Letak SMA Negeri ABC Bukittinggi, pada mulanya seluruhnya dipusatkan di Birugo, yaitu bekas gedung sekolah raja serta sekolah prifaat yang ketika itu masih ditempati oleh SMA II dan SMA III Bukittinggi. Selanjutnya, pada tahun 1957, oleh pemerintah pusat Bukittinggi, didirikan sebuah bangunan baru, yang berlokasi di Lambau Bukittinggi. Dan, sekitar tahun 1959, seiring telah rampungnya bangunan baru tersebut, akhirnya SMA Negeri IB Bukittinggi berpindah lokasi ke Lambau, sedangkan SMA Negeri II
AC, tetap menempati gedung lama di Kelurahan Birugo.

Sesudah Bais St Sinaro, SMA Negeri IB Bukittinggi dipimpin oleh Nazir St Rajo Intan, dilanjutkan oleh Muharsono, serta Sunariaman Mustofa. Selanjutnya berturut-turut menjabat sebagai kepala sekolah IB Bukittinggi, yang belakangan berubah menjadi SMAN I Bukittinggi, yang selanjutnya berubah nama menjadi SMUN I Bukittinggi, diantaranya, Azwar, Drs Muhammad Nasir, Usman Luthan, Amir Umar Dt. Bungsu, Drs Rusdi Marah, Drs H Irman Zein, Drs Zulkifli Johneva, serta terakhir dijabat oleh Drs Persalide.

Saat ini, seiring percepatan perkembangan dunia pendidikan yang ada, SMUN I Bukittinggi, telah berkembang sedemikian rupa, ditunjang oleh wilayah lingkungan sekolah yang cukup luas, disertai adanya laboratorium komputer berjumlah 24 unit, ditambah pula 2 buah lapangan basket, lapangan volly ball, ruang perpustakaan dengan judul buku berjumlah 60.444 buah, serta jumlah buku 849.2992. Ditambah laboratorium IPA, (Fisika. Kimia, Biologi), laboratorium bahasa, ruang serbaguna, yang keberadaannya ditunjang pula partisipasi alumni SMU N I Bukittinggi maupun orang tua murid, di samping ditunjang pula oleh tenaga edukatif dan administratif terampil dibidangnya.

Terakhir, fasilitas SMUN I Bukittinggi bertambah lagi dengan diresmikannya mushalla, yang diprakarsai oleh alumni SMUN I Bukittinggi, dengan demikian sesuai visi dan missi SMUN I Bukittinggi, keberadaan Mushalla tersebut, diharapkan dapat lebih mendukung visi dan missi SMUN I Bukittinggi menjadi sekolah unggul, bukan hanya dalam bidang iptek, melainkan juga dalam bidang Imtaq, sesuai visi dan missi SMUN I Bukittinggi sebagai sekolah unggul.




Dalam perjalanannya, SMA Negeri 1 Bukittinggi mampu mengukir banyak prestasi baik dalam bidang akademis maupun non-akademis temaann :)

dan ini visi dan misi dari smansa


VISI :
UNGGUL DALAM IPTEK DAN IMTAQ AGAR MAMPU BERSAING SECARA GLOBAL


MISI :
  • Melaksanakan Pembelajaran yang efektif sehingga potensi kecerdasan peserta didik berkembang secara optimal untuk meningkatkan daya saing global.
  • Menumbuhkembangkan etos kerja dan semangat  keunggulan seluruh warga sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  • Memotivasi dan membimbing peserta didik untuk lebih mengenal jati dirinya sehingga melahirkan insan yang berakhlak mulia.
  • Mendorong peserta didik untuk taat beragama, berakhlak mulia, berbudaya, cinta terhadap bangsa, negara dan tanah air, serta terhindar dari perilaku menyimpang.
  • Menerapkan manajemen partisipatif yang bersifat kekeluargaan dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
Mengenai saran dan prasarana yang ada di SMA 1 bukittinggi ada :
  • Labor Matematika
  • Labor Fisika
  • Labor biology,
  • Labor kimia
  • Labor bahasa
  • Labor komputer
  • Labor  multimedia
  • Studio
  • Musholla 
  • Lapangan olahraga
nii ada gambar gedung smansa yang lama




dan ini gambar gedung smansa sekarang 


dan ini logo nyaaaa ;))



sep deh ini sedikit profil sekolahku :)

2 komentar:

Unknown on 23 November 2012 pukul 05.29 mengatakan...

karangan yang bagus:D

DhillaTM on 27 November 2012 pukul 04.04 mengatakan...

hehe muuci ya kak beb ;D

Posting Komentar

 

Ordinary Girl Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos